Rabu, 15 Juni 2022

Sejarah Honda Mega Pro di Indonesia

Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI
Honda Mega Pro merupakan salah satu produk Honda tersukses di Indonesia dan versi terbaru masih tersedia.

Honda Mega Pro generasi pertama
Honda Mega Pro pertama kali dirilis pada tahun 1999. Mega Pro 160 generasi pertama yang dikenal sebagai Mega Pro Neotech ini sebenarnya merupakan transmisi dari sepeda legendaris Honda GL Pro Neotech generasi sebelumnya.
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Mega Pro 160 masih menggunakan mesin GL Pro Neotech 160 cc yang berjalan tanpa listrik. Namun, desain motor ini telah banyak berubah dibandingkan dengan GL Pro Neotech, dan semuanya datar dan persegi.

Desain Mega Pro 160 sama dengan desain melingkar. Lampu depan, speedometer, tachometer, serta tangki dan bodi ada di mana-mana.


Honda Mega Pro generasi kedua
Generasi berikutnya dari Mega Pro 160 dirilis pada tahun 2002. Dari segi desain, Mega Pro generasi kedua ini tidak mengalami perubahan, kecuali siluet yang lebih cantik dan mencolok. Meski mesinnya sama, Mega Pro 160 memiliki starter elektrik yang tidak dimiliki Mega Pro generasi pertama. Kemudian, pada tahun 2004, Honda merilis Mega Pro 160 CW.

Honda Mega Pro 160 Generasi kedua
Honda Mega Pro 160 generasi kedua
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua CW
Honda Mega Pro 160 CW generasi kedua

Honda Mega Pro generasi ke-3
Generasi ketiga Mega Pro 160 Advance atau Mega Pro "Primus" terdengar lebih baik. Gelar ini dibuat berkat bintang iklan Mega Pro generasi ketiga Primus Justisio. Mega Pro Primus dirilis pada tahun 2006.

Honda Mega Pro 160 Advance
Honda Mega Pro 160 Advance "Primus"
Mega Pro Primus telah berubah dari Mega Pro versi sebelumnya. Desain bodi tengah dipadukan dengan bodi belakang. Desain tangki juga diubah menjadi lebih panjang dan lebih kecil dari versi sebelumnya. Desain lampu belakang juga bervariasi tergantung dari desain bodinya. Namun untuk mesinnya sendiri, Mega Pro Primus masih memiliki mesin sebelumnya.


Honda Mega Pro generasi keempat
Mega Pro generasi keempat keluar dengan nama New Mega Pro 150. Mega Pro 150 baru dirilis pada 2010. Mega Pro generasi keempat mengurangi kapasitas silinder dari 160 cc menjadi 150 cc. Dengan karburator vakum, New Mega Pro 150 lebih hemat bahan bakar. Namun di sisi lain, terjadi penurunan performa karena penurunan displacement.

Honda New Mega Pro 150
New Honda Mega Pro 150
Namun, dengan mesin baru ini, New Mega Pro 150 mengurangi getaran dibandingkan mesin versi lama. Meskipun perpindahannya berkurang, Mega Pro 150 baru memiliki kekuatan lebih dari Mega Pro Primus. Tenaga maksimum Mega Pro 150 baru adalah 13,7 tenaga kuda, dan tenaga maksimum Mega Pro Primus hanya 13,3 tenaga kuda.

Selain mesin baru, New Mega Pro 150 juga mengalami berbagai perubahan desain. Menggunakan lampu depan, lampu belakang, tangki, kap mesin, knalpot start dan shock absorber belakang untuk break menggunakan mono shock absorber.

Honda Mega Pro generasi ke-5
Mega Pro FI baru adalah generasi kelima. Indonesia bergabung pada tahun 2014 dengan sistem cloud bahan bakar baru, injeksi bahan bakar. Konsumsi bahan bakarnya lebih rendah dari versi sebelumnya karena masih menggunakan karburator dengan sistem injeksi ini.
Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI
Selain menggunakan sistem injeksi, kap mesin (kaca depan) diganti, panggung belakang diganti dengan "suspensi" dan pipa knalpot lebih panjang dari sebelumnya.
Dari segi performa, New Mega Pro FI mengalami penurunan performa dari versi sebelumnya yaitu New Mega Pro 150. Sebelumnya, dari 13,7 tenaga kuda menjadi 13,3 tenaga kuda. Performa maksimal New Mega Pro FI sama dengan Mega Pro Primus.

Honda New Mega Pro FI masih ada di pasaran. Cukup untuk melanjutkan produksi motor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Daftar Harga Motor Kawasaki Terbaru 2015

Daftar Harga Motor Kawasaki 2015 – Kawasaki merupakan salah satu pabrikan motor asal Jepang yang terkenal dengan motor sportnya, dimana ...